Jumat, 05 Desember 2014

PELUANG USAHA DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMATIKA

Pada kesempatan ini kelompok kami diberi tugas untuk memmbuat peluang uasaha di bidang teknologi informasi. Usaha ini dibuat berdasarkan ketertarikan tentang Augmented Reality pada saat membuat Penulisan Ilmiah yang dilakukan di kampus kami dan bertujuan untuk lebih mengembangkan dan mengenalkan AR sebagai salah satu alternative usaha dengan keuntungan yang tidak jauh berbeda bagusnya dengan usaha lainnya dan mengenalkan teknologi baru dalam bidang TI.
Kemajuan didunia teknologi dan komunikasi sangat pesat dan sangat mempengaruhi kegiatan manusia dalam mendapatkan berbagai informasi seakurat mungkin sehingga perkembangannya pun sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Awalnya fungsi perangkat mobile dan komputer  hanya sebagai sarana berkomunikasi dan juga sebagai alat mencari informasi  akan tetapi sekarang dapat digunakan untuk bisnis, hiburan, pendidikan dan lain – lain.
Sebelum mengenal usahanya alangkahbaiknya mengenalkan AR terlebih dahulu.Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh 3pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Bentuk usahanya meliputi membuka jasa dalam pembuatan icon perusahaan, edukasi sebagai media pembelajaran (AR sederhana) berbasis Android. Terdapat café juga sebagai penunjang dan kenyamanan customer saat menunggu. Desaign cafenya juga terdapat simulasi jenis-jenis makanan serta minuman dalam bentuk AR sebagai ciri khas café agar terlihat lebih unik dibanding café pada umumnya.
Untuk harga dari jasa pembuatan icon perusahaan bervariasi sesuai dengan tingkat kesulitan dan design AR yang diinginkan. Begitu pula pembuatan AR sebagai media pembelajaran sederhana.
Tempat usaha berupa rumah usaha , nama usahanya adalah “AR world-Theme Icon”. Sistem dalam usaha ini sendiri adalah usaha bersama dari beberapa orang yang sama2 memiliki ketertarikan dalam dunia AR. Untuk membuat AR beserta desain objeknya kami membutuhkan komputer dengan spek yang tinggi seperti yang ada di bawah ini :


1. Processor
Processor sangat penting bagi penggunaan komputer dan laptop untuk pembuatan AR. Jumlah kebutuhan core juga menjadi perhatian pertama. Kalo socket Intel 1366 untuk kelas high end sedangkan prosesor socket Intel 1156 ini ditujukan untuk kelas mid-low. Soket Intel 1156 ini mendukung penggunaan prosesor Core i7 (Lynfield), Core i5 (Lynfield/ Clarkdale), Core i5 dan Core i3. Harga Intel Core i3 berkisar Rp. 1,2 Juta.
2. VGA Card
Ini juga menjadi hal terpenting nomer dua untuk kebutuhan design. VGA Card mempengaruhi kualitas layar monitor dan ini berpengaruh juga pada tampilan hasil design. Agar tampilan monitor tidak pecah dan warna sesuai bisa gunakan VGA Card yang direkomendasikan ada 2 pabrikan yaitu dari Nvidia dan AMD.
3. RAM
Komputer untuk design dan juga pembuatan objek 3D disarankan memiliki ukuran RAM minimal 4GB. Bila ingin performa komputer atau laptop lebih oke bisa pakai kapasitas 8GB.
4. Mouse dan Mousepad
Gunakanlah Mouse dengan tipe High DPI yang memiliki kekuatan optical mouse yang baik. Mousepad juga jangan asal pilih, pilih yang tepat dengan struktur yang nyaman hingga saat dipakai tidak mengecewakan. Pakai mousepad gaming series disarankan untuk kebutuhan design.
5. Monitor
Untuk komputer, pilih monitor CRT atau LCD dengan brightness ratio 1:200 cd serta widescreen karena memiliki kualitas warna yang lebih stabil. 
6. Motherboard
Sesuaikan pemakaian Motherboard dengan processor yang digunakan. Dell T568R, LGA 1156, Intel Motherboard adalah salah satu pilihan yang baik untuk kebutuhan design. Seri ini bisa mendukung Core i3-530, i3-540, dan i5-650 sebaik i5-660, i5-661, dan i5-670 Core i7 sekalipun. Cyipset tipe Intel H57 Express, data buzz speed 1333 MHz dan storage controller serial ATA-300 (RAID).


Kelas = 4IA05
Nama Anggota Kelompok =
- Achmad Abrori
- Cempaka Putriyani
- Indah Yuanasari
- Ibnu Gusti R
- M Ridwan Ismanu
- Wildan Firdaus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar